Labschool Cirendeu

Arah pengembangan kerjasama Labschool didasarkan kepada prinsip keberlanjutan dan mempertimbangkan potensi Labschool baik sebagai sekolah yang didasarkan pada peran sebagai laboratorium pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) maupun sebagai sekolah sekolah sawasta nirlaba yang bermutu berintegritas maupun. Pengembangan Labschool juga diposisikan sebagai unit social business strategis UNJ.

SEKOLAH LABORATORIUM

Sekolah Laboratorium UNJ mempunyai fungsi dan tugas menyelenggarakan, mengujicobakan, mengembangkan praktek pembelajaran, riset dan inovasi pendidikan.
UNJ sebagai eks Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) memosisikan Labschool sebagai sekolah Laboratorium. Adapun cakupannya secara khusus dibagi ke dalam tiga sektor: Praktikum, Riset Kolaboratif, dan Resources Praktisi Pendidikan.

AKSES TERHADAP LABSCHOOL SEBAGAI PRAKTIKUM MAHASISWA

Tersedianya akses khusus setiap program studi ke Labschool. Adapaun kegiatan praktikum mencakup: Obervasi, magang, praktik mengajar terbimbing, Praktik mandiri.

MODEL PRAKTIK BAIK PENDIDIKAN

Best practice sebagai rujukan model praktik pendidikan, pengembangan model: 1) Sejarah integritas penyelenggaran pendidikan di Labschool selama 50 tahun, berdampak besar terhadap animo masyarakat yang tinggi terhadap Labschool. Tidak hanya dilihat dari jumlah pendaftar yang selalu melebihi kuota penerimaan, tetapi juga raihan prestasi baik akademik maupun non akademik tingkat nasional dan internasional menjadi dasar dalam citra Labschool sebagai lembaga pendidikan bermutu dan berintegritas.
Dijadikannya Labschool sebagai sekolah rujukan oleh pemerintah menjadi pelengkap selain aresiasi terhadap Labschool yang juga muncul dalam berbagai kesempatan terutama dari berbagai tokoh nasional pendidikan. Tentu saja, hal itu didasarkan mutu pengelolaan Labschool.

IMAGE BRANDING

Sejarah 50 tahun oleh pakar pendidikan, konsistensi kiprah Kerjasama bidang pendidikan menjadi sektor utama lain dalam Social Businees Labschool UNJ.

LABSCHOOL CENTER FOR THE EXCELLENT (LCE)

LCE mencakup:
Kerjasama dengan pihak ketiga penyelenggara layanan khusus pendidikan. Kerjasama ini melibatkan expert sesuai dengan bidang layanan, misal: Psikolog, Neurolog, dan Therapist Perkembangan Anak. Mekanisme kerjasama yaitu dengan menjadikan expert sebagai “member of faculty Labschool. Skema hasil usaha didasarkan pada mekanisme kerja sama, bagi hasil, dan pengaturan prosentase income berdasarkan layanan, ataupun didasarkan pada sewa tempat dan lokasi praktik.

SEKOLAH BERMUTU DAN BERINTEGRITAS

Sekolah bermutu dan berintegritas terkait dengan bagaimana Labschool mempertahankan standar mutu dan kualitas kepada jejaring: peserta didik, orang tua, masyarakat dan pemangku kepentingan.

RASIONAL KERJASAMA

TENTANG KERJASAMA

SEKTOR BISNIS LABSCHOOL
Bisnis Labschool lebih sebagai social business

  1. Artinya tidak hanya berorientasi pada menghasilkan laba, tetapi lebih dari itu, pengembangan Labschool diupayakan untuk membawa dampak dan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan efektif.
  2. Model pendidikan inklusif,
  3. Model untuk gifted and talented: akselerasi, enrichment atau secara inklusif. 4) Penerapan prinsip-prinsip sekolah internasional: kurikulum, bilingual.

RESOURCES SHARING PRAKTISI PENDIDIKAN

Adanya kegiatan “praktisi Labschool” masuk ke kelas mahasiswa. Transfer pengetahuan dari pendidik Labschool adalah resources penting bagi calon pendidik.

KONSEP DASAR SEKOLAH LABORATORIUM

TENTANG SEKOLAH LABORATORIUM
RISET KOLABORATIF

1) Action research diintegrasikan dengan praktikum. Riset dosen kolaboratif yang terhubung dengan LPPM UNJ.
2) Pendidik di Labschool menggunakan hasil riset berdasarkan hasil penelitian. dan raihan prestasi, kepercayaan pemerintah, Alumni, citra publik dan pemberitaan media, serta pengalaman sekolah cabang telah mengukuhkan citra Labschool sebagai institusi bermutu tinggi dan berintegritas terpuji.

SISTIM MANAJEMEN PENDIDIKAN

Tata kelola organisasi, dokumen pengembangan dan pengelolaan (Tata Kelola, Renstra, Panduan, Penjaminan, Mutu;SOP; Borang Evaluasi, pencitraan publik), serta adanya organ riset dan kerjasama bidang pendidikan, serta Sistem Informasi Manajemen Kerjasama dalam bentuk Training.
Training terdiri atas Corporate Training: Pelatihan untuk pemangku kepentingan atau manajemen sekolah, konsultan pendidikan. Professional Training: Pelatihan mutu SDM berbasis kebutuhan atau topik mutakhir. Riset Pendidikan kebijakan pendidikan, rekomendasi strategis pengembangan makro pendidikan, kajian dan teknis.

OPTIMALISASI SARANA PRASARANA

Pemanfaatkan sarana dan prasarana di lingkungan labschool sebagai lini usaha tambahan perubahan mutu pendidikan masyarakat dan leading sektor dalam Pendidikan di Indonesia. Semakin banyak Labschool didirikan, semakin besar pula kontribusi UNJ dalam memajukan pendidikan dalam langkah yang paling konkret.

Layanan Training melibatkan expert bidang oleh praktisi di Labschool dan akademisi UNJ, maupun expert external sebagai member of faculty Labschool UNJ.